Search This Blog

Thursday, October 11, 2018

Tahkrij Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat orang yang menyuap dan yang disuap dalam masalah hukum


A.    Penelusuran Keberadaan Teks Hadits dan Kegitan Takhrij Hadits
Dalam sebuah rekaman khutbah jum’at di masjid agung palembang. dan adapun salah satu hadits yang di sampaikan khatib yang artinya:
            (La’ana rasulullahi shallallahu alahi wassalam arrasi; walmurtasi) rasulullah saw melaknatorang menyogok dan menerima sogokan.
            Untuk mengetahui keberadaan hadits di atas penulis tidak terlepas dari metode yang akan digunakan, yaitu dengan cara:
1.      mengetahui sahabat yang meriwayatkan hadits
2.      mengetahui lafadz pertama dari sebuah hadits
3.      mengetahui lafadz matan hadits yang sedikit berlakunya
4.      mengetahui pokok bahasan atau tema hadits
5.      meneliti keadaan-keadaan hadits baik dalam sanad dan matan.[1]
Dari metode di atas tidak mengaharuskan peneliti menggunakan semua metode tersebut, akan tetapi eneliti akan mengunakan salah satu dari metode di atas tersebut.
Pertama peneliti mencoba mencari hadits tersebut dari google:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الرَّاشِى وَالْمُرْتَشِى فِى الْحُكْمِ.
Dari Abu Hurairah radliyallahu ’anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat orang yang menyuap dan yang disuap dalam masalah hukum.”[2]


B.     Teks Sanad dan Matan Hadits
1.      Hadits dari jalur Abu Hurairah.
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ ، عَنْ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو ، قَالَ : " لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِي وَالْمُرْتَشِي
Dan selain di kitab Abu Daud juga terdapat di kitab lainnya
Ø  Kitab Tirmidzi
Ø  Kitab Ahmad bin Hambal
Ø  Kitab Ibnu Majah[4]


2.       
C.    Kegiatan I’tibar
Kegiatan I’tibar yaitu memperlihatkan dengan jelas salah satu hadits yang akan diteliti termasuk nama-nm periwayatnya dan sebagainya. Adapun skema untuk jalur perawi tersebut ialah:
Rounded Rectangle: النبيّ صلّى اللَّه عليه وسلّم                                                           

 

Rounded Rectangle:  عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو                                                            
 



                                                                                                                                            
Rounded Rectangle: الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
Rounded Rectangle: ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ
Rounded Rectangle: أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ
 






                                                                                                                                             
Dari Skema di atas merupakan jalur yang akan diteliti yaitu jalur Abu Daud dan sekaligus meneliti kualitas para perawi Hadits.


D.    Kegiatan Penelitian Kualitas Periwayat serta Menyimpulkan Hasil Penelitian Sanad.
Kegiatan penelitian sanad ini untuk memperoleh hasil mengenai kualitas periwayat dan ketersambungan antara guru dan murid begitu juga sebaliknya untuk itu maka di perlukan kitab-kitab baik itu berbentuk file atau softwere yang akan menerangkan keadaan perawi Hadits tersebut dari berbagai sisi. Di antara para perawi tersebut diantaranya sebagai berikut:
No
Namalengkap
Kategori
Keterangan
1

محمدبن إسماعيل بن إبرهيم بن المغيرة ابن بردسبة أبوعبدالله بن أبي الحسن البخري[5]

Guru
يَحْيَى بْنُ بُكَيْر[6]
Pandanganulama’
ابن الأحنف الجعفي : صاحب الصحيح[7]
Thabaqah




  • Nama Lengkap : Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash bin Wa'il
  • Kalangan : Shahabat
  • Kuniyah : Abu Muhammad
  • Negeri semasa hidup : Maru
  • Wafat : 63 H[8]
ULAMA
KOMENTAR
Ibnu Hajar Al Atsqalani
Shahabat
Adz Dzahabi
Shahabat
  • Nama Lengkap : Abdullah bin 'Abdur Rahman bin 'Auf
  • Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
  • Kuniyah : Abu Salamah
  • Negeri semasa hidup : Madinah
  • Wafat : 94 H[9]
ULAMA
KOMENTAR
Abu Zur'ah
tsiqah imam
Ibnu Hibban
Tsiqah
  • Nama Lengkap : Al Harits bin 'Abdur Rahman
  • Kalangan : Tabi'in kalangan biasa
  • Kuniyah :
  • Negeri semasa hidup :
  • Wafat : [10]
ULAMA
KOMENTAR
An Nasa'i
Laisa bihi ba's
Yahya bin Ma'in
masyhur
Ibnu Hibban
disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Ibnu Sa'd
Haditsnya sedikit
Ibnu Hajar al 'Asqalani
Shaduuq
Adz Dzahabi
Shaduuq Shalih
  • Nama Lengkap : Muhammad bin 'Abdur Rahman bin Al Mughirah bin Al Harits bin Abi Dzi`b
  • Kalangan : Tabi'in kalangan biasa
  • Kuniyah : Abu Al Harits
  • Negeri semasa hidup : Madinah
  • Wafat : 158 H[11]
ULAMA
KOMENTAR
Ahmad bin Hambal
Tsiqah
Yahya bin Ma'in
Tsiqah
An Nasa'i
Tsiqah
Ibnu Hajar al 'Asqalani
"tsiqah,faqih"
Adz Dzahabi
Tsiqah
  • Nama Lengkap : Ahmad bin 'Abdullah bin Yunus bin 'Abdullah bin Qais
  • Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua
  • Kuniyah : Abu 'Abdullah
  • Negeri semasa hidup : Kufah
  • Wafat : 227 H[12]
ULAMA
KOMENTAR
Abu Hatim
tsiqah mutqin
An Nasa'i
Tsiqah
Utsman bin Abi Syainah
Tsiqah laisa bihi Syai
Ibnu Hibban
disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Ibnu Hajar al 'Asqalani
Tsiqah Hafidz
Adz Dzahabi
Alhafidz




النبي صلى الله عليه وسلم ع الكثير الطيب






Terdapat pertemuan antara Guru dan Murid maupun sebaliknya


Dari hasil penelitian dari jalur Abu Hurairah  dapat disimpulkan bahwa periwayatannya tersambung antara guru dan murid begitupun sebaliknya. dan dari keseluruhan komentar ulama kebanyakan menyatakan bahwa seluruh perawi bersifat ‘adil dan dhabit. Oleh karena itu sanad hadits ini shahih.



[1] Mahmud At-Tahhan, MetodeTakhrij Dan PenelitianSanadHadits, terj. RidwanNasir, (Surabaya: BinaIlmu, 1995), hlm. 25
[2] https://abufawaz.wordpress.com/2012/10/05/suap-menyuap-yang-halal-dan-yang-haram-dalam-agama-islam/
[3] http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?pid=116183&txtID=655159&bk_no=184
[4] Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadis
[5] Tahzib Al-Kamal Fi Asma’I Al-Rijal, Jilid 24, (Baghdad: MuasasatuAr-Risalah,), hlm. 430
[6] Tahzib Al-Kamal, Juz 24,  hlm. 433
[7] Tahzib Al-Kamal, Juz 24,  hlm. 433
[8] Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist
[9] Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist
[10] Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist
[11] Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist
[12] Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist
[13] http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?pid=116183&txtID=655159&bk_no=184&RecID=23
[14] http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?pid=116183&txtID=655159&bk_no=184&RecID=23
[15] http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?pid=116183&txtID=655159&bk_no=184&RecID=23
[16]http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?pid=116183&txtID=655159&bk_no=184&RecID=23http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?pid=116183&txtID=655159&bk_no=184&RecID=23

No comments:

Post a Comment

Laporan Magang III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan suatu proses pendewasaan peserta didik melalui pembelajaran se...