QIRA’ATUL KUTUB
“Makalah ini untuk didiskusikan pada mata kuliah Pembelajaran Qira’atul
Kutub”
Dosen Pengampu
:
MUKHLIS
Disusun Oleh:
Kelompok 6
Monika Putri (1522100044)
Neni Anggraini (1532100107)
Tanzila (1532100175)
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
2018
A.
Al- Qur’an
1.
Ayat al-Qur’an surah Al-Buruj : 1-11
Ïä!$uK¡¡9$#ur ÏN#s Ælrçã9ø9$# ÇÊÈ ÏQöquø9$#ur ÏqããöqpRùQ$# ÇËÈ 7Ïd$x©ur 7qåkô¶tBur ÇÌÈ @ÏFè% Ü=»ptõ¾r& Ïrß÷{W{$# ÇÍÈ Í$¨Z9$# ÏN#s Ïqè%uqø9$# ÇÎÈ øÎ) öãf $pkön=tæ ×qãèè% ÇÏÈ öNèdur 4n?tã $tB tbqè=yèøÿt tûüÏZÏB÷sßJø9$$Î ×qåkà ÇÐÈ $tBur (#qßJs)tR öNåk÷]ÏB HwÎ) br& (#qãZÏB÷sã «!$$Î ÍÍyèø9$# ÏÏJptø:$# ÇÑÈ Ï%©!$# ¼çms9 Ûù=ãB ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur 4
ª!$#ur 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« îÍky ÇÒÈ cÎ) tûïÏ%©!$# (#qãYtGsù tûüÏZÏB÷sßJø9$# ÏM»oYÏB÷sßJø9$#ur §NèO óOs9 (#qçqçGt óOßgn=sù Ü>#xtã tL©èygy_ öNçlm;ur Ü>#xtã È,Íptø:$# ÇÊÉÈ ¨bÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# öNçlm; ×M»¨Zy_ ÌøgrB `ÏB $pkÉJøtrB ã»pk÷XF{$# 4
y7Ï9ºs ãöqxÿø9$# çÎ6s3ø9$# ÇÊÊÈ
Artinya :
1.
Demi
langit yang mempunyai gugusan bintang.
2.
Dan
demi hari yang dijanjikan.
3.
Demi
yang menyaksikan dan yang disaksikan.
4.
Binasalah
orang-orang yang membuat parit (yaitu para pembesar Najran di yaman)
5.
Yang
berapi (yang mempunyai) kayu bakar.
6.
Ketika
mereka duduk di sekitarnya.
7.
Sedang
mereka menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang yang mukmin.
8.
Dan
mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang
mukmin itu beriman kepada Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.
9.
Yang
memiliki kerajaan langit dan bumi. Dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu.
10.
Sungguh,
orang-orang yang mendatangkan cobaan (bencana, membunuh, menyiksa) kepada
orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertaubat, maka
mereka akan mendapat azab Jahannam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang
membakar.
11.
Sungguh,
orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surge
yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang agung.
2.
Makna Mufradat
معاني
الكلمات :
البرو
ج : جَمعُ بُرْج وَهَوَ المَكَا نُ المر تقع ,
والمقصود : النجوم والكواكب العظيمة.
Tempat yang
tinggi yang dimaksud : bintang-bintang dan planet-planet besar
اليوم
الموعود : يوم القيامة
Hari Akhir
شاهد:
اسم فاعل من الفعل(ِِشهد) اي من يشهد يوم القيامة من المخلوقا ت
Yang menyaksikan
hari kiamat adalah dari golongan para makhluk
مشهؤد:
اسم مفعول من الفعل (شهد) اي يشاهد من عذاب يوم القيامة. Menyaksikan
siksaan hari kiamat
الأخدود:
الشّقّ الكبير المستطيل في الأرض كا لخندق
Belahan besar persegi panjang di tanah seperti perang
khondak
اصحاب
الاخدود: هم الذين شقواالأخدود با للأرض ووضعوا فيه النار ليحر قوا المؤمنين.
Mereka yang
membuat belahan parit di tanah dan meletakkan api untuk membakar orang-orang
mukmin
قتل:
لعن.
Terlaknat
النا
ر ذات الوقود : النار ذات الحطب الذي به تشتعل.
Api yang terdapat
kayu bakar sehingga membuatnya membara.
قعود:
قاعدون.
Orang-orang
yang duduk
وما
نقموا منهم : وما عقبوهم, ماعذبوهم.
Apa-apa yang
dihukumkan kepada mereka maka itu lah balasan bagi mereka
الحميد:
الذي له الحمدفي كل صفاته ؤأفعاله.
Yang memuji
segala sifatnya dan perbuatannya
الذين
فتنوا : الذين عذبوا وأحرقوا.
Yang akan di
siksa dan terbakar
لم
يتوبوا: لم يتركوا كفرهم وظلمهم.
Yang belum
meninggalkan kekafirannya dan kezholimannya
عذاب
الحريق : عذاب أليم لأنهم يحرقون في نار جهنم
Siksaan yang
dahsat karena terbakar di neraka jahanam.
ذلك
الفوز الكبير: ذلك النجاح والفلاح الكبير.
Itulah
keberhasilan dan kemenangan yang besar
3.
Makna
المعنى:
اقسم
الله با السما ء ذات البروج, كما أقسم بيوم القيامة, واقسم ايضا بشاهد ومشهود.
لعن الله اصحاب الأخدود الذين وضعوا النار المشتعلة في الأخدود,
وألقوا فيها المؤمنين, وجلسوا خوله المؤمنين وهم يحترقون, لالجرم فعلوه بل لأنهم
امنوا بالله الذي لايغلب, الذي له الحمد في كل صفاته وافعاله, وهو على كل شيء شهيد.
ان
الذين عذبوا المؤمنين والمؤمنات واحرقوهم, ولم يتوبو ويتركوا
الكفر
والظلم, لهم يوم القيامة عذاب في نار جهنم, يدخلونها ويحترقون فيها.
اما
المؤمنون الصا لحون فهم في جنات تجري من تحتهاالأنهار ذلك هو النجاح والفلاح
الكبير.
Artinya:
Allah bersumpah
atas nama langit yang memiliki gugusan bitang, seperti bersumpah atas hari
akhir dan juga dengan demi yang menyaksikan dan disaksikan. Allah melaknat yang
membuat parit yang meletakkan api yang membara di dalam parit, melempar di
dalamnya orang-orang beriman, dan mereka duduk di sekitarnya dan menyaksikan
orang-orang mukmin dan mereka membarnya, tidak diragukan perbuatannya bahkan
mereka beriman ke pada Allah yang tidak terkalahkan, yang memiliki sifat
terpuji yang menilai sifat dan perbuatan, sesungguhnya mereka adalah golongan
orang syahid.
Sesungguhnya
orang yang menyiksa orang muknim laki-laki dan perempuan serta membakarnya, dan
belum bertobat juga belum meninggalkan kekafiran serta kezholiman sesungguhnya
mereka adalah penghuni neraka yang akan di masukkan serta terbakar di dalamnya.
Sesungguhnya orang-orang mukmin yang soleh mereka akan mendapatkan surga yang
mengalir dibawahnya sunga-sungai, itulah keberhasilan dan kemenangan yang
agung.
4.
Kesimpulan
ما
يستفا د من الا يا ت :
تناقش هذه السالة وتؤكد مشكلة المعتقدات حول النهاية إلى ذلك, فإن
إضافة فى هذه الرسالة إلى جانب المناقشة تدور حول قصة عاشق أوخد (حفارت الخنادق)
وهي قصة عن التضحية وفدينة الروح في الدفع عن العقيدة والإيمان. في هذه الرسالة
يقسم لله مع سماء الخليقة التي لها نجوم من النجوم, حيث تتمحور النجوم وتعمم,
واليوم الذي وعدبه هو يوم القيامة, ينقل قوة الله الانهائية.
Artinya:
Surat ini membahas dan
menekankan masalah aqidah dan penguatan keyakinan tentang hari akhir. Di
samping itu tambahan yang ada dalam surat ini selain pembahasan tersebut adalah
tentang kisah ashabul ukhdud (para penggali parit) yaitu sebuah cerita tentang
pengorbanan dan tebusan jiwa dalam mempertahankan akidah dan iman. Dalam surat
ini Allah kembali bersumpah dengan langit ciptaan-Nya yang memiliki
gugusan-gugusan bintang, tempat bintang-bintang berpusat dan bereda, serta demi
hari yang telah dijanjikan-Nya yaitu hari kiamat, sekaligus menyampaikan
kedahsyatan kekuasaan Allah yang tiada batas.
B.
Al-Hadits
1.
Lafadz Hadits
عن ابى هريرة رضى ا لله عنه عن النبي صل الله علىه
و سلم قل: خلق الله اد م و طو له ستو ن ذ ر اعا , ثم قل : ا ذ هب فسلم علم ا و
لئك من ا لملا ئكة, فا ستمع ما يحيو نك,
تحيتك و تحيته ذ ر يتك فقا ل: ا لسلا م عليكم, فقا لوا : ا لسلا م عليك و ر حمة
الله, فزاد و ر حمة ا لله, فكل من يد خل ا لجنة عل صو ر ة ا د م, فلم يزل ا لخلق
ينقص حتى ا لا ن .
2.
Makna Mufradat
معا ني المفر دات:
ادم : ابو البشر
Bapak manusia
: معنا ها هنا : من طرف المر فق ا لى طر ف الا صبع الو سطى
Maknanya adalah : dari batas siku ke sampai batas jari tengah.
يحيونك : يجيبونك و ير د و ن عليك
Kewajiban dan kemauan atas dirimu.
تحية : هي السلا م
Adalah salam
ذر يتك: ا و لا د ك
Anak-anakmu
سلا م عليك و رحمة الله : اسا ل الله ان يجعلك سا لما من كل شر و مكر
و ه, و ا سا له ان يرحمك فيد خلك جنته و لا يعذ بك.
Saya bertanya kepada Allah tentang menjadikan salam dari seluruh
keburukan dan kebencian dan mempertanyakan kepadanya tentang kerahmatannya
unruk memasukan kedalam surganya tanpa siksaan.
على صورةادم : على هيئته و صفته.
Atas bentuk dan sifatnya.
3.
Makna
معني
الحديث:
من
اهداف الإسلام السامية توثيق عرى المحبة, وتقوية روابط لأخوة بين المسلمين, ومن
اسباب ذلك التحية. 1
ففي
هذا الحديث يخبرنا النبي صلى الله عليه, شكون تلك تحيتنا
وذلك
ان الله لما اكمل خلق ادم امره ان يذهب إلى جماعة من الملائكة جلسين على بعد فسلم
عليهم, ويستمع الى الكلمات سوف يجيبونه بها, فإنها هي التحية التي شرعها لادم وذريته
من بعده فذهب ادم, (السلام عليكم) وهذا بتعليم من الله له, او بإلها منه لادم
وتوفيق, وقد أجبته الملائكة يقولهم: (السلام عليك ورحمتالله)فردوا التحية باحسن
منها.
فلذلك
قل النبى صلى الله عليه ؤسلم: وفزاد:
ورحمة الله وقال أخبرنا النبى صلى الله عليه وسلم, ان الله لما حلق ادم كان
طوله السماء ستين ذراعا,فلم يزل الخلق ينقص بعد حتى وصل إلى ما عليه الان, وقد فسر
ذلك بأن كل قرن تكون نشأة أهله في الطول انه من الذين قبلهم, فانتهى تناقص الطول
إلى هذه الامة واستقرإلا على ذلك.
كما اخبرنا انبى صلى الله عليه وسلم أن من يدخل الجنة المؤمنين سوف
يدخلها على صورة ادم, يعني: على هيئته في اصفته والحسن والجمال والسلامة من
النقائص والعيوب.
Dari tujuan islam yang mulia dan kesucian, dan kekuatan ikatan
persaudaraan antara muslim, dan dari situlah sebab-sebab salam. Dari hadist
inilah rosullullah mengabarkan kepada kita tentang perintah Allah SWT kepada
adam untuk memberikan salam kepada malaikat dan bagaimana menjawabnya, begitulah
caranya salaman.
Dan begitulah, sesungguhmya Allah menyempurnakan dalam penciptaan
Adam, dan menyuruhnya utuk pergi di perkumpulan malaikat yang duduk setelah bersalaman ke pada mereka,
dan mendengarkan kaliamt-kalimat maka akan dijawab mereka.
Dan begitulah kata nabi : dan ditambahkan dan dirahmati Allah nabi pun mengabarkan
kepada kami dan berkata: sesungguhnya Allah belum menciptakan adam setinggi
langit 60 hasta dan penciptaan masih kurang sampai mencapai apa yang sekarang.
Dan telah di tafsirkan karena setiap generasi-generasi menjadi genesis
keluarganya dalam tingginya yang ada sebelumnya. Dan akhir tinggi umat sudah
berakhir.
Seperti yang dikabarkan Rasul kepada kita, siapa yang masuk surga
dari orang-orang mukmin yang bentuk nya seperti adam yaitu : struktur dalam
sifat dan kebaikan dan ketampanan dari kekurangan dan kecacatan.
4.
Kesimpulan
ما يستفا د من الحد يث :
ا لسلا م مما يقو ي ر وا بط ا لا خؤة والمحبة بين المسلمين.
Salam memperkuat tali persaudaraan dan kecintaan antara muslim.
تحية المسلمن فيما بينهم: (السلام علييكم), وردها: (وعليكم السلام)
Salam orang muslim sesama mereka (keselamatan bagimu) dan di jawab
( dan kesalamatan atasmu juga)
لا يجوز للمسلم الذ ي يعرف هذه التحية ان يتركها ليستعمل غيرها
Tidak boleh bagi orang muslim yang mengetahui cara salam ini dan di
tinggalkan dan tidak di pakai.
المبتدىء با لسلام يقل : (السلام علييكم), أما في الرد فيقول: (وعليكم
السلام) أو (السلام علييكم) untuk membuka salam katakana (Assalamualaikum) dan di jawab:
(waalaikum salam) atau ( assalamualaikum)
يجب رد السلام
على الفور,ولا يجوز ترك الرد أو تأخيره الا لعذر.
Di wajibkan menjawab salam segera dan tidak boleh meninggalkan
kecuali ada halangan.
الما شي يسلم
على الجا لس.
Orang yang berjalan memberikan salam kepada orang yang duduk.
رد السلام يكون بمثله أو بأحسن منه.
Jadikan menjawab salam sepertinya atau menjawab dengan yang lebih
baik.
في الحديث ردعلى بعض البا حئين من علماء الا جتماع و التا ريخ القديم
الذ ين يصورون الانسان الاول بأبشع صورة
في الخلق والخلق.
Di dalam hadist: menjawab salam sebagian mengungkapkan dari
pendapat para ulama sejara lama yang menggambarkan manusia diawal dalam
menggambarkan moral dan aklak yang buruk.
5.
I’rob
إعرا
ب :
ان
: حِرْفُ نِصْبِ وَ تَوكِيْ دُتَنْصِبُ الأِسْمُ
وَ تَرْفَعُ الخَبَر مَبنِي عَلى فتح
الله: اسم ان منصوب و علا مة نصبه علي فتحة ظَا
هِرة في اخِرِ
لما: ظرفية شرطية مبني علي فتح
اكمل : فعل الما ضي مبني علي فتح و فا عله ضمير
مستتر جوا زا تقديره هو
خلق: مفعو ل به منصوب وعلا مة نصبه فتحة ظا هرة
في احره و هو مضا ف
ادم : مضا ف اليه مجرور و علامة جره كسرة ظا هرة
في احر
No comments:
Post a Comment